Belajar Yuk!

Forum untuk diskusi pelajaran Fisika. Kalo mau ngobrolin yang lain juga boleh.
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
sinus, cosinus, dan tangen551
Share | 
 

 sinus, cosinus, dan tangen

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
7tenz
Newbie
Newbie


Jumlah posting: 56
Jumlah Atom: 2029
Reputation: 0
Join date: 22.06.09
Age: 21
Lokasi: PontiChild

Character sheet
tes field:

PostSubyek: sinus, cosinus, dan tangen   Thu Jun 25, 2009 10:31 pm

yg ak tau bisa ad d kalkulator. . . dan berhubungan dengan MTK d SMA. . .



Jadi ap itu sinus, cosinus, dan tangen ??? scratch
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106196
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Thu Jun 25, 2009 11:46 pm

Hayo, yang merasa anak SMA, tolong jelasin tuh tentang trigonometri.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
kimvaniakimvania
Newbie
Newbie


Jumlah posting: 47
Jumlah Atom: 2028
Reputation: 2
Join date: 24.06.09
Age: 20
Lokasi: bikini bottom

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Fri Jun 26, 2009 11:57 am

nah , ceritanya .. saya khan sudah jadi anak SMA yang cantik nih ..

trigonometri itu untuk ngukur sudut , bangunan
kalau dalam astronomi tuh untuk ngukur jarak bintang .

udah .. karna masih anak sma pemula jadi gak tau lagi
Kembali Ke Atas Go down
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 2376
Jumlah Atom: 4739
Reputation: 20
Join date: 04.06.09
Age: 17

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Sat Jun 27, 2009 12:39 pm

Sinus

Dalam trigonometri, hukum sinus ialah pernyataan tentang segitiga yang berubah-ubah di udara. Jika sisi segitiga ialah (kasus sederhana) a, b dan c dan sudut yang berhadapan bersisi (huruf besar) A, B and C. Rumus ini berguna menghitung sisi yang tersisa dari segitiga jika 2 sudut dan 1 sisinya diketahui, masalah umum dalam teknik triangulasi. Dapat juga digunakan saat 2 sisi dan 1 dari sudut yang tak dilampirkan diketahui; dalam kasus ini, rumus ini dapat memberikan 2 nilai penting untuk sudut yang dilampirkan. Saat ini terjadi, sering hanya 1 hasil akan menyebabkan seluruh sudut kurang daripada 180°; dalam kasus lain, ada 2 penyelesaian valid pada segitiga.

Cosinus


Hukum cosinus, atau disebut juga aturan kosinus, dalam trigonometri adalah aturan yang memberikan hubungan yang berlaku dalam suatu segitiga, yaitu antara panjang sisi-sisi segitiga dan kosinus dari salah satu sudut dalam segitiga tersebut.

Tangen (Kotangen)

Kotangen dalam matematika adalah perbandingan sisi segitiga yang terletak pada sudut dengan sisi segitiga yang terletak di depan sudut (dengan catatan bahwa segitiga itu adalah segitiga siku-siku atau salah satu sudut segitiga itu 90o). Perhatikan segitiga di kanan.
Kembali Ke Atas Go down
7tenz
Newbie
Newbie


Jumlah posting: 56
Jumlah Atom: 2029
Reputation: 0
Join date: 22.06.09
Age: 21
Lokasi: PontiChild

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Sun Jun 28, 2009 6:04 pm

apa manfaat ny dalam kehidupan nyat??? selain d bidang arsitaktur. . .
ap bisa d manfaatkan dalam fisika??
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106196
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Sun Jun 28, 2009 9:55 pm

7tenz wrote:
apa manfaat ny dalam kehidupan nyat??? selain d bidang arsitaktur. . .
ap bisa d manfaatkan dalam fisika??

Sangat teramat bermanfaat banget dalam bidang fisika.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
dwiosiana-
Junior
Junior


Jumlah posting: 353
Jumlah Atom: 2496
Reputation: 10
Join date: 11.06.09
Age: 20
Lokasi: pontianak .

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Mon Jun 29, 2009 10:02 pm

Admin wrote:
7tenz wrote:
apa manfaat ny dalam kehidupan nyat??? selain d bidang arsitaktur. . .
ap bisa d manfaatkan dalam fisika??

Sangat teramat bermanfaat banget dalam bidang fisika.


cheers cheers cheers
Kembali Ke Atas Go down
http://starishd.blogspot.com
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106196
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Tue Jun 30, 2009 3:53 pm

Oke deh. Om Admin jelaskan tentang trigonometri.
Coba kalian perhatikan segitiga di bawah!


Sin theta = y/r
Cos theta = x/r
tan theta = y/x

Gampangkan teori awalnya. Jadi kalau sisi y kita bagi dengan sisi r, kita sebut itu sin. Dan seterusnya. Gitu aja.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
xugi_711
Newbie
Newbie


Jumlah posting: 41
Jumlah Atom: 2028
Reputation: 3
Join date: 21.06.09
Age: 19
Lokasi: p o n t i a n a k

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Wed Jul 01, 2009 9:55 am

pak. . . kalo segitiganya bkn siku2 jg pk rumus it ya. . .
Smile
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106196
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Wed Jul 01, 2009 12:22 pm

xugi_711 wrote:
pak. . . kalo segitiganya bkn siku2 jg pk rumus it ya. . .
Smile

Pertanyaan bagus. Basicnya harus pake segitiga siku-siku. Tar kalau udah pengembangan baru melibatkan segitiga non siku-siku. Tapi ingat baik-baik, dasarnya tetap segitiga siku2. Okey.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
7tenz
Newbie
Newbie


Jumlah posting: 56
Jumlah Atom: 2029
Reputation: 0
Join date: 22.06.09
Age: 21
Lokasi: PontiChild

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Thu Jul 02, 2009 10:38 pm

wew . . . non siku2 jg isa , , , tambah runit dhe jd nya . . .

apa yg menyulitkan dari BAB Trigonometri ?
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106196
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Thu Jul 02, 2009 11:35 pm

Sebenarnya kalau dipahami dengan baik dari dasar. Gak akan terlalu susah. Tapi kalau udah dasarnya aja (materi yang di atas) gak bisa, bakalan makin bingung jadinya.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
kimvaniakimvania
Newbie
Newbie


Jumlah posting: 47
Jumlah Atom: 2028
Reputation: 2
Join date: 24.06.09
Age: 20
Lokasi: bikini bottom

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Fri Jul 03, 2009 11:25 am

hm .
ia lah ..
tapi basic nya gag rumit kog ..
hha ..

dalam bisang fisika apa yah ??
kalau kimia masih tau nihh .. bidang farmasi .

albino
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106196
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Sat Jul 04, 2009 10:06 am

Kim, bidang farmasi gak pake trigonometri. Tapi emang ilmu kimia terapan tuh.

Kalau di bidang fisika, contoh penggunaannya adalah untuk penjumlahan vektor dan penguraian vektor. Kalian akan banyak terlibat dengan dua hal ini di Fisika SMA, khususnya jurusan IPA.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 2376
Jumlah Atom: 4739
Reputation: 20
Join date: 04.06.09
Age: 17

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: sinus, cosinus, dan tangen   Sun Jul 05, 2009 10:07 pm

Pusing nih...
confused confused confused
Kembali Ke Atas Go down
 

sinus, cosinus, dan tangen

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Belajar Yuk! ::  :: -