Belajar Yuk!

Forum untuk diskusi pelajaran Fisika. Kalo mau ngobrolin yang lain juga boleh.
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
caLis
Junior
Junior


Jumlah posting : 263
Jumlah Atom : 3135
Reputation : 5
Join date : 04.06.09
Age : 19
Lokasi : PtK duNk'z ..

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Wed Jun 24, 2009 11:27 pm

Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi

Pada suatu masa, jutaan tahun ke depan keturunan kita tidak akan bisa melihat bulan seperti sekarang. Tidak ada lagi fenomena gerhana matahari ataupun bulan total, kecuali dalam jejak rekam sejarah sains. Lambat, tetapi pasti bulan semakin bergerak menjauh dari bumi.

Bukan tanpa alasan Neil Armstrong—manusia pertama yang menginjakkan kakinya di bulan—meninggalkan jejak panel reflektor yang terdiri atas 100 cermin beberapa menit sebelum dia meninggalkan bulan pada 21 Juli 1969. Reflektor inilah yang kemudian menuntun manusia pada penemuan fakta mencengangkan.


Memanfaatkan reflektor yang tertinggal di bulan, Prof Carrol Alley, fisikawan dari University of Maryland, Amerika Serikat, mengamati pergerakan orbit bulan. Caranya adalah dengan menembakkan laser dari observatorium ke reflektor di bulan. Di luar dugaan, dari hasil pengamatan tahunan, jarak bumi-bulan yang terekam dari laju tempuh laser bumi-bulan terus bertambah.

Diperkuat sejumlah pengamatan di McDonald Observatory, Texas, AS, dengan menggunakan teleskop 0,7 meter diperoleh fakta bahwa jarak orbit bulan bergerak menjauh dengan laju 3,8 sentimeter per tahun.

Para ahli meyakini, 4,6 miliar tahun lalu, saat terbentuk, ukuran bulan yang terlihat dari bumi bisa 15 kali lipat daripada sekarang. Jaraknya saat itu hanya 22,530 kilometer, seperduapuluh jarak sekarang (385.000 km).

Seandainya manusia sudah hidup pada masa itu, hari-hari yang dijalankan terasa lebih cepat. Hitungan kalender pun bakal berbeda. Bagaimana tidak, jika dalam sebulan waktu edar mengelilingi bumi hanya 20 hari, bukan 29-30 hari seperti sekarang. Rotasi bumi ketika itu pun berlangsung lebih cepat, hanya 18 jam sehari.

Jutaan tahun dari sekarang, seiring dengan menjauhnya bulan, hari-hari di bumi pun akan semakin lama, hingga mencapai 40 hari dalam sebulan. Hari pun bisa berlangsung semakin lama, hingga 30 jam. Lantas, mengapa ini bisa terjadi?

Takaho Miura dari Universitas Hirosaki, Jepang, dalam jurnal Astronomy & Astrophysics mengemukakan, jika bumi dan bulan, termasuk matahari, saling mendorong dirinya. Salah satunya, ini dipicu interaksi gaya pasang surut air laut.

Gaya pasang surut yang diakibatkan bulan terhadap lautan di bumi ternyata berangsur-angsur memindahkan gaya rotasi bumi ke gaya pergerakan orbit bulan. Akibatnya, tiap tahun orbit bulan menjauh. Sebaliknya, rotasi bumi melambat 0,000017 detik per tahun.

Stabilitas Iklim

Fakta menjauhnya orbit bulan ini menjadi ancaman tidak hanya populasi manusia, tetapi juga kehidupan makhluk hidup di bumi. Pergerakan bulan, seperti diungkapkan Dr Jacques Laskar, astronom dari Paris Observatory, berperan penting menjaga stabilitas iklim dan suhu di bumi.

”Bulan adalah regulator iklim bumi. Gaya gravitasinya menjaga bumi tetap berevolusi mengelilingi matahari dengan sumbu rotasi 23 derajat. Jika gaya ini tidak ada, suhu dan iklim bumi akan kacau balau. Gurun Sahara bisa jadi lautan es, sementara Antartika menjadi gurun pasir,” ucapnya kepada Science Channel.

Sejumlah penelitian menyebutkan, pergerakan bulan juga berpengaruh terhadap aktivitas makhluk hidup. Terumbu karang, misalnya, biasa berkembang biak, mengeluarkan spora, ketika air pasang yang disebabkan bulan purnama tiba.

Bulan penuh juga dipercaya meningkatkan perilaku agresif manusia. Di Los Angeles, AS, kepolisian wilayah setempat biasanya akan lebih waspada terhadap peningkatan aktivitas kriminal saat purnama.

Menjauhnya bulan dari bumi diyakini ahli geologis juga berpengaruh terhadap aktivitas lempeng bumi. Beberapa ahli telah lama menghubungkan kejadian sejumlah gempa dengan aktivitas bulan.

”Kekuatan yang sama yang menyebabkan laut pasang ikut memicu terangkatnya kerak bumi,” ucap Geoff Chester, astronom yang bekerja di Pusat Pengamatan Angkatan Laut AS, seperti dikutip dari National Geographic.

Beberapa kejadian gempa besar di Tanah Air yang pernah tercatat diketahui juga terkait dengan pergerakan bulan. Gempa-tsunami Nanggroe Aceh Darussalam (2004), Nabire (2004), Simeuleu (2005), dan Nias (2005) terjadi saat purnama. Gempa Mentawai (2005) dan Yogyakarta (2005) terjadi pada saat bulan baru dan posisi bulan di selatan.

Misi Terbaru NASA

Kini, bulan sebagai tetangga terdekat bumi kembali menjadi perhatian riset astronomi di dunia. Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) pada Jumat (19/6) meluncurkan wahana LCRoS (Lunar Crater Observation and Sensing Satellite) di Cape Canaveral, AS. Wahana ini adalah bagian dari misi Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO), yaitu persiapan program mengembalikan astronot ke bulan tahun 2020 setelah terakhir dilakukan pada 1969-1972 (Reuters, 18/6).

Sasaran utama misi LCRoS untuk memastikan ada tidaknya air beku yang dipercaya berada di kawasan kawah gelap dekat kutub bulan. Dibantu dengan LRO yang memetakan permukaan di bulan secara detail, kedua misi baru ini mengisyaratkan hal besar: menancapkan tonggak baru soal kemungkinan membangun koloni di luar bumi!

Namun, dengan penuh kerendahan hati, Craig Tooley, LRO Project Manager, mengatakan, ”Pengetahuan kita tentang bulan secara keseluruhan saat ini masih minim. Kita punya peta lebih baik tentang Mars, tetapi tidak untuk bulan kita sendiri.”
Kembali Ke Atas Go down
kimvaniakimvania
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 47
Jumlah Atom : 2796
Reputation : 2
Join date : 24.06.09
Age : 22
Lokasi : bikini bottom

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Fri Jun 26, 2009 12:09 pm

tuh . gara" ulahmanusia juga khan ?
makanya jangan sering" make AC ato dispenser ..
lalu jangan pake komputer tabung . pke LCD atau laptop ..
kea om admin ..
Kembali Ke Atas Go down
Dizy Almond
Senior
Senior


Jumlah posting : 595
Jumlah Atom : 3538
Reputation : 18
Join date : 08.06.09
Age : 21
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Fri Jun 26, 2009 3:55 pm

kimvaniakimvania wrote:
tuh . gara" ulahmanusia juga khan ?
makanya jangan sering" make AC ato dispenser ..
lalu jangan pake komputer tabung . pke LCD atau laptop ..
kea om admin ..

apa hubungannya dngan artikelnya calis..............?????????????????

confused confused confused study study
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Fri Jun 26, 2009 4:48 pm

kimvaniakimvania wrote:
tuh . gara" ulahmanusia juga khan ?
makanya jangan sering" make AC ato dispenser ..
lalu jangan pake komputer tabung . pke LCD atau laptop ..
kea om admin ..

Menjauhnya bulan bukan karena ulah manusia kim, emang udah begitu adanya.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Sat Jun 27, 2009 12:58 pm

Kalo bulan menjauh dr Bumui...
Nanti masih ada pasang surut air laut gak???
Trs nanti Bumi gak ada satelit lagi donx...
lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Sat Jun 27, 2009 5:18 pm

Mysterious Name wrote:
Kalo bulan menjauh dr Bumi...
Nanti masih ada pasang surut air laut gak???
Trs nanti Bumi gak ada satelit lagi donx...
lol! lol!

Boleh dibilang gak ada lagi pasang surut. Dan jelas kita gak ada satelit lagi kalau bulan minta cerai.
lol!
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Sat Jun 27, 2009 5:31 pm

Emang suami istri...
Mau cerai segala...
lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
dwiosiana-
Junior
Junior


Jumlah posting : 353
Jumlah Atom : 3264
Reputation : 10
Join date : 11.06.09
Age : 22
Lokasi : pontianak .

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Mon Jun 29, 2009 10:43 pm

wah,
om admin mikirnya nikah trus ni.
wkakakakak.

mm,.
klw ngag sala perna dkasitaw om admin klw neil ngag bnar" k bulan ia?
Kembali Ke Atas Go down
http://starishd.blogspot.com
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Tue Jun 30, 2009 3:30 pm

Emang ada sebagian orang yang meragukan kalau neil amstrong benar-benar ke bulan. Mereka curiga itu akal2an amerika untuk mengungguli saigannya dalam perang dingin, yaitu uni soviet.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
RiX The "ThiRTeeN"
Belum Ada Peringkat


Jumlah posting : 23
Jumlah Atom : 2751
Reputation : -1
Join date : 26.06.09
Age : 21
Lokasi : NeThErWoRlD

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Tue Jun 30, 2009 3:33 pm

emang gk ada bukti video nya ya pak? study
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Tue Jun 30, 2009 3:36 pm

RiX The "ThiRTeeN" wrote:
emang gk ada bukti video nya ya pak? study

Ada foto dan videonya. Tapi justru dari foto itulah, orang-orang menyimpulkan begitu. Anehnya lagi, dokumentasi proyeknya hilang. Aneh kan, organisasi sebesar NASA bisa menghilangkan catatan penting perjalanan ke bulan.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
dwiosiana-
Junior
Junior


Jumlah posting : 353
Jumlah Atom : 3264
Reputation : 10
Join date : 11.06.09
Age : 22
Lokasi : pontianak .

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Tue Jun 30, 2009 8:27 pm

iah" betul.
klasik bngd sih alasannyah.
ckccks.
itu mah mala bkin malu NASA ja.
Kembali Ke Atas Go down
http://starishd.blogspot.com
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Wed Jul 01, 2009 1:11 am

Jadi wajar aja kalau orang-orang pada gak percaya tentang perjalanan ke bulan ini. Tapi NASA tetap punya sanggahan untuk setiap alasan yang diajukan oleh orang-orang yang skeptik.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
kimvaniakimvania
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 47
Jumlah Atom : 2796
Reputation : 2
Join date : 24.06.09
Age : 22
Lokasi : bikini bottom

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Fri Jul 03, 2009 11:35 am

hm ..
betul tuh ..
lagipula foto itu khan bisa dimanipulasi dengan adobe photoshop ..
hha ..
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Sat Jul 04, 2009 9:52 am

Yee...tahun 1969 photoshop belum ada kali kim. Tapi mungkin maksud kim, bisa aja foto-foto yang dipublikasikan adalah hasil rekayasa. Emang banyak pihak yang menduga demikian.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Tue Jul 07, 2009 8:27 pm

Admin wrote:
RiX The "ThiRTeeN" wrote:
emang gk ada bukti video nya ya pak? study

Ada foto dan videonya. Tapi justru dari foto itulah, orang-orang menyimpulkan begitu. Anehnya lagi, dokumentasi proyeknya hilang. Aneh kan, organisasi sebesar NASA bisa menghilangkan catatan penting perjalanan ke bulan.

Mungkin aja video bisa menggemparkan manusia karena ada keanehan dalam videonya...
Kayak ada alien atau semacamnya...
Jd mereka pura2 bilang hilang supaya tak menimbulkan kontravensi jika mereka lihat video itu...
lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Wed Jul 08, 2009 1:29 pm

Hahaha.... bisa aja kamu vin.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Mon Jul 13, 2009 4:56 pm

Ini kan analisis... lol!
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Tue Jul 14, 2009 12:13 am

Lumayan juga analisis mu. Bisa jadi emang begitu, hehe...
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Thu Jul 16, 2009 7:19 pm

Aku kan Conan...
Jd bs kayak detektif...

lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Egi Septian
Junior
Junior


Jumlah posting : 108
Jumlah Atom : 2898
Reputation : 2
Join date : 08.06.09
Age : 20

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Sun Jul 26, 2009 6:23 pm

ya di dorong aja lagi ke bumi kalo bulan dah menjauh

tapi setau gw yg nentuin pasang surut tuh bulan loh berarti ntar ga ada pasang surut lagi dong

kasih reputation point dong om admin
Kembali Ke Atas Go down
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Thu Jul 30, 2009 10:00 pm

Nih anak minta good reputation mulu...
Usaha kayak kasi artikel bagus kek...
lol! lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
Egi Septian
Junior
Junior


Jumlah posting : 108
Jumlah Atom : 2898
Reputation : 2
Join date : 08.06.09
Age : 20

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Thu Jul 30, 2009 10:01 pm

okay the other time yah
Kembali Ke Atas Go down
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Fri Jul 31, 2009 9:06 pm

Secepatnya...
Lebih cepat lebih baik...
lol! lol! lol!


Terakhir diubah oleh Mysterious Name tanggal Thu Aug 06, 2009 7:06 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Sat Aug 01, 2009 3:30 pm

Gimana mau dorongnya
harus ada roket pendorong super besar mungkin baru bisa.
Tapi efek sampingnya bisa mengacaukan tata surya kita. Terus bisa berefek ke yang lain juga.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Sponsored content




PostSubyek: Re: Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi   Today at 9:23 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
Bulan Ternyata Makin Menjauh Dari Bumi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Belajar Yuk! :: Pelajaran Lain :: Astronomi-
Navigasi: