Belajar Yuk!

Forum untuk diskusi pelajaran Fisika. Kalo mau ngobrolin yang lain juga boleh.
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 Mengenal Bulan Lebih Dekat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Fri Aug 28, 2009 9:09 am

Bulan (Moon dalam bahasa Inggris, Luna dalam bahasa Romawi, Artemis dalam bahasa Yunani) adalah satu-satunya satelit alami yang Bumi miliki. Jika dilihat dari posisinya, Bulan adalah benda angkasa yang paling dekat dari Bumi. Bulan juga menjadi benda kedua yang paling terang di langit setelah Matahari (magnitudo Bulan -12,7, Matahari -26,4) dan satu-satunya benda langit yang permukaannya dapat diamati dengan mudah.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5507
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Fri Aug 28, 2009 12:51 pm

Ke bulan aja pak...
Kan mau mengenal bulan lebih dekat...
lol! lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
sam
Junior
Junior


Jumlah posting : 256
Jumlah Atom : 2894
Reputation : 3
Join date : 09.10.09
Lokasi : khuntien

PostSubyek: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Sat Oct 17, 2009 11:56 am

BTUL TUH KTA KEVIN.....
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Sat Oct 17, 2009 12:07 pm

wkwkwkk
lol! lol! lol! lol! lol! lol!

kevin jago juga ya
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Oct 19, 2009 12:07 am

Emang benar, cara terbaik adalah dengan pergi ke bulan. Tapi biayanya mahal n butuh teknologi tinggi buat mewujudkannya. Sebelum pergi ke bulan, maka harus dilakukan penelitian dulu. Gak bisa asal langsung pergi aja. Bisa membahayakan nyawa astronot ntar.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Oct 19, 2009 3:36 pm

berhati2 aj

wkwokwo
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
sam
Junior
Junior


Jumlah posting : 256
Jumlah Atom : 2894
Reputation : 3
Join date : 09.10.09
Lokasi : khuntien

PostSubyek: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Sun Oct 25, 2009 11:58 am

pke robot pak
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Sun Oct 25, 2009 8:42 pm

alien datang dan ancur
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Oct 26, 2009 11:20 am

Mana Aliennya??? Sini panggil, tak kirim ke bumi.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Oct 26, 2009 2:48 pm

bpk pernah nonton district 9 ga
nah filmnya tentang astro

keren pak

wwkowk
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
MeLzZz
Junior
Junior


Jumlah posting : 123
Jumlah Atom : 2856
Reputation : 10
Join date : 04.08.09
Age : 22
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re :Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 14, 2009 10:09 am

lah kalo ke bulan. ap nda takut gtu .. kan dibulan sering kdatangan meteor... kalo pas kita ny dibulan meteorna dtng ... Exclamation Exclamation Exclamation affraid affraid affraid
Kembali Ke Atas Go down
MeLzZz
Junior
Junior


Jumlah posting : 123
Jumlah Atom : 2856
Reputation : 10
Join date : 04.08.09
Age : 22
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re :Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 14, 2009 10:13 am

pak saya ad pertanyaan ttg bulan tp di topik nasa mengebom bulan.. tp skali liat ni topik kyk na lbh cocok di topik ini tp gtw jg de. heheehe

pertnyaan ni gini...

pak tb2 kepikiran.. bulan bisa ilang nda? hancur gtu...
kalo misnya bulan hancur efkna ke bumi ap?
thx ^^

sera de jwbny dimana... Smile Smile
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 14, 2009 10:37 am

tidak ad bulan dan bulan purnama
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 14, 2009 12:15 pm

nusareborn???!!! wrote:
bpk pernah nonton district 9 ga
nah filmnya tentang astro

keren pak

wwkowk
Belum pernah nonton chi. Kalau ada filmnya, pinjam kita nonton lah. Tar bisa dibahas di ekskul astro.

MeLzZz wrote:
lah kalo ke bulan. ap nda takut gtu .. kan dibulan sering kdatangan meteor... kalo pas kita ny dibulan meteorna dtng ... Exclamation Exclamation Exclamation affraid affraid affraid
Emang berisiko seperti itu mel, tapi biasanya udah dicek dulu tempat pendaratannya. Terus dicek juga apakah kemungkinan tempat pendaratan tersebut akan menjadi target meteor.
MeLzZz wrote:
pak saya ad pertanyaan ttg bulan tp di topik nasa mengebom bulan.. tp skali liat ni topik kyk na lbh cocok di topik ini tp gtw jg de. heheehe

pertnyaan ni gini...

pak tb2 kepikiran.. bulan bisa ilang nda? hancur gtu...
kalo misnya bulan hancur efkna ke bumi ap?
thx ^^

sera de jwbny dimana... Smile Smile
Kebetulan bacanya di sini, jadi balas di sini aja ya.
Pertama, yang kamu maksud dengan "hilang" itu seperti apa. Apakah bulan hancur atau melepaskan diri dari gravitasi bumi. Kalau hancur, kemungkinannya tetap ada walau kecil sekali, misalnya jika bertabrakan dengan benda langit yang besar. Kalau melepaskan diri dari gravitasi bumi, kayaknya bakal lama banget. Pernah baca sih, kalau tiap tahun jarak bulan dengan bumi bertambah beberapa cm aja.
Yang kedua, jika bulan hancur, efek yang dirasakan bumi antara lain proses pasang surut air laut jadi terganggu. Keseimbangan orbit bumi mengitari matahari juga akan mengalami pergeseran karena bumi berinteraksi dengan matahari dan bulan juga.


nusareborn???!!! wrote:
tidak ad bulan dan bulan purnama
Simple, tapi jawabanmu benar juga chi, hehehe....


Buat melisa, om admin kasi GR untuk pertanyaannya yang bagus. Smile
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 14, 2009 4:06 pm

saya mana?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Tue Dec 15, 2009 10:09 pm

Postinganmu belum dapat GR chi. Posting yang bagus2 lagi donk. Masak kalah sama yang levelnya junior.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Tue Dec 15, 2009 10:44 pm

kalo misalnya planet2 lain hancur secara tiba2
ap dampak nya bumi?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
MeLzZz
Junior
Junior


Jumlah posting : 123
Jumlah Atom : 2856
Reputation : 10
Join date : 04.08.09
Age : 22
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re :Mengenal Bulan Lebih Dekat   Wed Dec 16, 2009 9:59 am

wah tak sangka dpt GR heheehe thx pak eh om admin... haha
Laughing Laughing

Keseimbangan orbit bumi mengitari matahari juga akan mengalami pergeseran karena bumi berinteraksi dengan matahari dan bulan juga.
kalo udah bergeser akibatny ap pak?
Kembali Ke Atas Go down
MeLzZz
Junior
Junior


Jumlah posting : 123
Jumlah Atom : 2856
Reputation : 10
Join date : 04.08.09
Age : 22
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Wed Dec 16, 2009 10:03 am

btw baru tw.. bulan bisa melepaskan diri dari gravitasi bumi. penyebabnya ap ya?
dan bumi bisa melepaskan diri dari gravi. matahri jg? penyababny?
bounce bounce bounce
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Thu Dec 17, 2009 10:12 pm

aku tahu..dulunya..

tapi aku ga ngerti maksudnya mel
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 21, 2009 2:00 pm

Kalau pergeseran orbit kemungkinan sangat kecil mel (bukan berarti gak bisa loh ya). Harus ada gaya yang cukup besar atau butuh waktu yang lama.
Kalau orbit bumi udah bergeser, tentu akan menggangu keseimbangan orbit planet yang lain juga (kalau pergeseranna banyak). Terus kehidupan di bumi bakal terganggu banget jika pergeserannya banyak. Bumi itu letaknya pas, gak terlalu dekat juga gak terlalu jauh dari matahari. Kalau terlalu dekat, akan sangat panas. Kalau terlalu dingin, akan sangat dingin sehingga sulit ada kehidupan.
Pertanyaanmu sebenarnya sangat berat mel kalau mau dijabarkan. Kamu bisa menjadi seorang peneliti tuh kalau mau jawab pertanyaanmu dengan mendetil.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
MeLzZz
Junior
Junior


Jumlah posting : 123
Jumlah Atom : 2856
Reputation : 10
Join date : 04.08.09
Age : 22
Lokasi : pontianak

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 21, 2009 2:17 pm

Om Admin wrote:

Pertanyaanmu sebenarnya sangat berat mel kalau mau dijabarkan. Kamu bisa menjadi seorang peneliti tuh kalau mau jawab pertanyaanmu dengan mendetil.

oo ok2 hahaa
wah kalo gtu mw tny ke seorang peneliti lngsung hahaha
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Mon Dec 21, 2009 4:40 pm

nah itu yang mau ku jawab
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106964
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Tue Dec 22, 2009 11:53 am

Maksudnya tuh gini mel, banyak faktor yang ikut berpengaruh, cuma sedikit banget pengaruhnya. Jadi kalau mau dijelaskan, bisa panjang dan lebar, sehingga kalau dikalikan = LUAS. Hehehe....
lol!
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6397
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Tue Dec 22, 2009 11:25 pm

1000km luasnya pak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Sponsored content




PostSubyek: Re: Mengenal Bulan Lebih Dekat   Today at 9:23 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
Mengenal Bulan Lebih Dekat
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Belajar Yuk! :: Pelajaran Lain :: Astronomi-
Navigasi: