Belajar Yuk!

Forum untuk diskusi pelajaran Fisika. Kalo mau ngobrolin yang lain juga boleh.
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Mon Sep 14, 2009 5:13 pm

Ada beberapa kesalahapahaman dalam implementasi ilmu pengetahuan di publik yang perlu untuk dikoreksi kebenarannya. Berikut ada kira2 10 miskonsepsi ttg science yang beredar di masyarakat

1. Water IS blue, not just because of the sky
(air bewarna biru tidak dikarenakan hanya refleksi dari langit)



Banyak yang percaya bahwa danau dan laut berwarna biru "Hanya" karena mereka merefleksikan langit biru. Sebenarnya air tampak biru karena mereka benar2 biru; molekul air meng-absorbsi/menyerap cahaya, dan mereka menyerap frekuensi warna merah lebih banyak dibandingkan frekuensi biru, sehingga frekuensi biru tampak dipermukaan. Efek nya kecil, jadi warna biru menjadi terlihat lebih jelas saat mengamati layer air yang cukup padat atau dalam. Di air asin atau mata air mineral, warna dari peluruhan mineral dapat terlihat.

Perefleksian warna langit juga memberikan peran untuk warna biru lautan, tetapi hanya saat permukaan air yang sangat tenang dan hanya saat air diamati dengan kesudutan yang kecil sekitar 10 derajat.

2. Electricity does NOT travel at the speed of light
(Electrik/listrik tidak bergerak pada keceptan cahaya)



Banyak buku pelajaran mengklaim bahwa electricity (elektron) berjalan melalui arus kabel pada kecepatan cahaya. Faktanya adalah energi dari elektrik lah yang mengalir secara cepat (yang tetap lebih lambat dari kecepatan cahaya). Elektron, yang mempunyai massa, dapat bergerak pada kecepatan cahaya dengan menggunakan teori relativitas. Kecepatan dari muatan listrik dalam arus elektrik sangat lambat, sekitar beberapa centimeter per jam. Di tempat dimana arus elektrik dapat terlihat, seperti di dalam electrophoresis, pergerakan lambat dari pembawa muatan dapat dilihat langsung.

3. Seasons are NOT the same length
(Musim diak mempunyai periode waktu yang sama)



Dikarenakan bumi bergerak cepat di orbitnya saat mendekati matahari, musim panas di bagian selatan bumi / musim dingin di bagian utara bumi adalah musim terpendek waktunya, dengan musim panas di utara atau musim dingin di selatan terlama. Tetapi, perbedaan nya hanya terasa beberapa hari saja, sementara di Mars dengan orbitnya yang eksentric, perbedaannya terasa besar.

4. You WON'T get a cold just from low temperature
(Engkau tidak akan mendapatkan Flu hanya karena udara dingin)


"Virus Flu"

Telah menjadi miskonsepsi yang meluas di publik bahwa flu biasa dapat disebabkan oleh cuaca dingin. Di realitasnya, flu biasa disebabkan oleh virus dan tidak ada hubungan nya dengan temperatur yang rendah / dingin.

5. Saturn is NOT the only planet with rings
(Saturnus bukan satu-satunya planet yang mempunyai cincin)



Jupiter, Uranus, dan Neptunus juga mempunyai cincin disekitar nya, meski cincin yang berada di Saturnus adalah yang paling jelas dan mudah dilihat.

6. Meteors are NOT hot when they land on Earth
(Meteor tidak panas ketika mendarat di bumi)



Saat meteor mendarat di bumi, biasanya meteor tsb tidak panas seperti kebanyakan meteor di film Hollywood. Biasanya hanya hangat. Kecepatan meteor cukup untuk melumerkan permukaan terluarnya, tetapi material yang lumer dengan cepat terpisah, dan interior dari meteor tidak mempunyai waktu untuk memanas karena batu merupakan konduktor panas yang buruk.

7. Clouds do NOT form because of the air's temperature
(Awan tidak terbentuk karena pengaruh temperatur udara)



Merupakan pengetahuan yang salah bahwa awan terbentuk karena udara dingin "menampung" lebih sedikit uap air dari udara hangat. Udara tidak mempunyai kapasitas untuk menampung uap air. Hanya temperatur dari air sendiri (dan sekitarnya) yang menyebabkan kelembapan, proses kondensasi, dan kemudian pembentukan awan.

8. People DID know earth was not flat before Columbus
(Orang-orang sudah tahu bahwa bumi itu tidak datar sebelum Columbus)



Beberapa percaya bahwa Christopher Columbus mempunyai kesusahan dalam menerima dukungan karena orang-orang eropa percaya bahwa bumi itu datar. Faktanya, para pelaut dan navigator pada saat itu tahu bahwa bumi itu bulat, tetapi (pengetahuan yg benar) tidak setuju dengan estimasi dari Columbus mengenai jarak ke India. Jika Amerika tidak ada, dan Columbus meneruskan perjalannya ke India yang sebenarnya, dia tidak akan dapat bertahan lama untuk mencapainya.

9. The Great Wall of China is NOT particularly visible from space
(Tembok Besar China tidak terlihat dari ruang angkasa)



Pada saat di orbit yang rendah, Tembok Besar China dapat dilihat dari luar angkasa tetapi tidak seunik dari yang digembor2kan. Dari orbit bumi yang rendah, banyak objek artifisial dapat terlihat di bumi, tidak hanya Tembok Besar China. Jalan raya, kapal di lautan, bendungan, rel kereta api, kota, persawahan, dan beberapa gedung.

Seperti yang telah diklaim bahwa Tembok Besar China adalah objek buatan manusia yang terlihat di Bulan, Astronot Apollo telah melaporkan bahwa mereka tidak melihat objek buatan manusia apa-pun dari bulan.

10. There is NO "dark side" of the Moon
(Tidak ada sisi gelap (yang selalu gelap) dari bulan)



Bulan dalam orbit sinkronis (synchronous orbit) -- ini berarti, bulan menmbutuhkan waktu yang tepat sama untuk berotasi satu kali terhadap sumbunya dengan rotasi terhadap bumi. Jadi bulan mempunyai sisi jauh/belakang/gelap/luar, karena selalu memberikan bagian permukaan yang sama ke bumi ketika berotasi. Saat bulan diperkirakan berada di antara Matahari dan Bumi, itu dalah waktu "siang" di bagian sisi jauh/luar/belakang bulan dan waktu malam untuk sisi bagian yang menghadap ke bumi. Saat Bumi di antara matahari dan Bulan, bagian yang jauh mengalami waktu "malam" dan "waktu siang" untuk bagian yang menghadap bumi.
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Mon Sep 14, 2009 5:15 pm

apa pendapat bapak mendengar ini?
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Mon Sep 14, 2009 9:12 pm

Bakal marah
Smile Smile Smile Smile Smile SmileSmileSmileSmileSmileSmileSmileSmileSmileSmileSmileSmileSmile
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106965
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Mon Sep 14, 2009 10:44 pm

Hahahaha.... Gak bakal marah lah chi. Malah bagus tuh. Cuma bagi bapak, hal-hal itu udah tahu. Emang banyak juga orang yang salah tentang hal-hal tersebut.
Bagi yang kurang jelas, silahkan ditanyakan.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Tue Sep 15, 2009 8:02 am

Pak reputation
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106965
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Thu Sep 17, 2009 7:24 am

Udah dikasi good reputation tuh.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Thu Sep 17, 2009 2:40 pm

seep

seneng pak dapet guru kayak bapak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
mungkinveryandi
Junior
Junior


Jumlah posting : 379
Jumlah Atom : 3102
Reputation : 15
Join date : 11.09.09
Age : 20
Lokasi : rumah pak eddy..

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Fri Sep 18, 2009 11:50 pm

sumber dari mn tuh chi??
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Sat Sep 19, 2009 6:03 am

serba mo tau kau neeh ver
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106965
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Sat Sep 19, 2009 8:08 pm

Justru rasa ingin tahu yang membuat kita semakin berkembang chi. Kalau tahunya cuma itu2 aja mah ga maju2.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Sun Sep 20, 2009 10:30 am

mo tau sumbernya??
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Sun Sep 20, 2009 10:31 am

neh sumbernya : 10 kesalahan science
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Mysterious Name
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 2376
Jumlah Atom : 5508
Reputation : 20
Join date : 04.06.09
Age : 19

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Fri Sep 25, 2009 12:13 am

Tumben...
Akhir2 ini archi post yg bagus...
Kembali Ke Atas Go down
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106965
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Fri Sep 25, 2009 1:48 am

Om admin juga setuju dengan kamu vin. Archi ada perubahan ke arah yang baik sekarang. Mungkin dia belajar dari kesalahan juga. Chi, bagaimana kalau kamu postingkan "10 kesalahan yang dilakukan Archi saat belajar". Hehehe... biar gak dicontoh yang lain.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Fri Sep 25, 2009 12:56 pm

Nanti akan saya postingkan pak
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
dwiosiana-
Junior
Junior


Jumlah posting : 353
Jumlah Atom : 3265
Reputation : 10
Join date : 11.06.09
Age : 22
Lokasi : pontianak .

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Mon Oct 12, 2009 7:42 pm

Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
http://starishd.blogspot.com
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Tue Oct 13, 2009 2:57 pm

Laughing Laughing Laughing Laughing
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2822
Jumlah Atom : 106965
Reputation : 48
Join date : 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Tue Oct 20, 2009 9:18 pm

nusareborn???!!! wrote:
Nanti akan saya postingkan pak

Chi, janjimu mana realisasinya?
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting : 3145
Jumlah Atom : 6398
Reputation : 36
Join date : 27.08.09
Age : 107
Lokasi : khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Wed Oct 21, 2009 7:55 pm

pusing pak lol! lol! lol!

ga ada kesalahan seeh lol! lol! lol!
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Sponsored content




PostSubyek: Re: 10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah   Today at 6:54 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
10 kesalahan science yg diajarkan di sekolah
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Belajar Yuk! :: Fisika :: Belajar Fisika-
Navigasi: