Belajar Yuk!

Forum untuk diskusi pelajaran Fisika. Kalo mau ngobrolin yang lain juga boleh.
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
Share | 
 

 Proses terjadinya Gerhana Matahari

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2, 3  Next
PengirimMessage
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 2:16 pm

Kemarin, ketika bercerita tentang akan terjadi gerhana matahari 15 januari nanti, ada seorang mahasiswa yang bertanya "Pak gerhananya siang atau malam?". Waduh, udah setua ini masih tanya begitu. Teman2nya yang awalnya diam mulai berpikir dan kemudian tertawa. "Emangnya malam hari ada matahari"

Mungkin tampak pertanyaan konyol, tapi pertanyaan ini sudah pernah om admin terima dari segala usia. Dari anak-anak ampe teman-teman yang sudah masuk kategori dewasa. Memenuhi permintaan seorang teman yang jauh di sana, om admin postingkan penjelasan singkat tentang gerhana matahari

Gerhana Matahari
Terjadi apabila kedudukan bulan ada di atara bumi dan matahari, sehingga cahaya matahari terhalang oleh bulan dan matahari menjadi gelap.
a. gerhana matahari total


b. gerhana matahari cincin
gerhana matahari cincin terjai saat bulan berada pada jarak terjauh sehingga yang menutupi bumi adalah perpanjangan umbra bulan.


Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan postingkan pertanyaan kalian. Smile
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 3145
Jumlah Atom: 5433
Reputation: 36
Join date: 27.08.09
Age: 104
Lokasi: khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 3:27 pm

kok bulan mendekat dengan bumi? (pic 1)
kok bulan menjauh dari bumi?(pic 2)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 4:03 pm

Nah, ini pertanyaan bagus chi.
Masih ingat hukum keppler yang menyatakan lintasan planet berbentuk ellips. Sama sepertii bumi, lintasan bulan berevolusi mengelilingi bumi juga berbentuk ellips dengan bumi berada pada salah satu titik fokus. Jadi ada saatya bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi dan ada saatnya bulan berada pada posisi terjauh dari bumi.
Titik terdekat disebut perigee
Titik terjauh disebut apogee
Biar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
mungkinveryandi
Junior
Junior


Jumlah posting: 379
Jumlah Atom: 2137
Reputation: 15
Join date: 11.09.09
Age: 17
Lokasi: rumah pak eddy..

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 6:46 pm

pak gimana cara kita mengetahui kapan terjadinya gerhana tsb akan muncul??
Kembali Ke Atas Go down
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 3145
Jumlah Atom: 5433
Reputation: 36
Join date: 27.08.09
Age: 104
Lokasi: khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 6:58 pm

susah di tanya neeh
tapi bakal ku usahakan


misalkan mataharikan ad di perigee

kok di pic 2 matahari berada di apogee????
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 7:59 pm

nusareborn???!!! wrote:
susah di tanya neeh
tapi bakal ku usahakan


misalkan mataharikan ad di perigee

kok di pic 2 matahari berada di apogee????

Chi, yang kita tinjau itu posisi bulan terhadap bumi, bukan matahari terhadap bulan.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 8:04 pm

mungkinveryandi wrote:
pak gimana cara kita mengetahui kapan terjadinya gerhana tsb akan muncul??
Pertanyaan kalian semakin dasyat aja nih. Yang jelas, gerhana matahari terjadi saat bulan memasuki fase bulan mati/baru. Tidak setiap bulan terjadi gerhana matahari. Gerhana matahari akan terjadi jika matahari, bulan, dan bumi benar-benar berada dalam satu garis lurus. Untuk mengetahui kapan terjadinya, kamu harus belajar cara menghitung pergerakan benda langit tersebut. Kalau gak mau susah, sekarang udah ada software untuk menghitungnya. Coba cari di internet.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 3145
Jumlah Atom: 5433
Reputation: 36
Join date: 27.08.09
Age: 104
Lokasi: khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sat Jan 09, 2010 10:44 pm

kan pertama bumi dan bulan
kedua bulan dan matahari
nanti bumi dengan bulan
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Sun Jan 10, 2010 11:52 pm

Makin dak jelas omonganmu chi.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 3145
Jumlah Atom: 5433
Reputation: 36
Join date: 27.08.09
Age: 104
Lokasi: khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Mon Jan 11, 2010 10:31 pm

oedah lah............

japek aq ngomong ama bpk
wkkwkwkw...........
(bahasa indo jaman jajahan)
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Mon Jan 11, 2010 10:57 pm

Hahahahaha....
ampe pake ejaan lama.
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 3145
Jumlah Atom: 5433
Reputation: 36
Join date: 27.08.09
Age: 104
Lokasi: khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Mon Jan 11, 2010 11:14 pm

om eddy isa batja kagak??????
kalaoe tak bisa....

soeroeh veryandy ejain hehe............
tjapek aq ketiqna
hoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoeahoea
tjiaktjiaktjiaktjiak

ea

kayak apa yak aq ketawaknya
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Tue Jan 12, 2010 1:19 pm

Ketawa jaman dulu (yang belum disempurnakan)
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
--->10-10-10 <---
Super Senior
Super Senior


Jumlah posting: 3145
Jumlah Atom: 5433
Reputation: 36
Join date: 27.08.09
Age: 104
Lokasi: khuntien

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Tue Jan 12, 2010 8:39 pm

om..........

ngomong2 nape jadi bahas ejaan jaman dahoeloe
akoe poesing niih

batja aja ga isa haha.............
Kembali Ke Atas Go down
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&amp;amp;id=1
Om Admin
Admin
Admin


Jumlah posting: 2822
Jumlah Atom: 106000
Reputation: 48
Join date: 02.06.09

Character sheet
tes field:

PostSubyek: Re: Proses terjadinya Gerhana Matahari   Tue Jan 12, 2010 10:01 pm

Kerjaanmu tuh. Ok, back topic. Siapa yang tahu kapan di indonesia bisa melihat gerhana matahari lagi?
Kembali Ke Atas Go down
http://science.youneed.us
 

Proses terjadinya Gerhana Matahari

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 3Pilih halaman : 1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Belajar Yuk! :: Pelajaran Lain :: Astronomi-